Wednesday, November 5, 2014

TELE # : Tugas 2 Pengantar Telematika

1. Apa manfaat dan dampak negatif dari jaringan komputer sebagai media untuk mengakses layanan telematika, jelaskan!
 Jawaban :
Manfaat dari jaringan komputer sebagai media untuk mengakses layanan telematika ada beragam :
  • Layanan yang semakin mudah didapatkan oleh semua orang kapan saja dan dimana saja tak terbatas oleh waktu dan lokasi. Seperti misalnya pada layanan e-banking. Pengguna layanan ini bisa dengan mudah mengakses akun banknya, tanpa perlu harus antri di atm atau melakukan transaksi lainnya secara langsung. Karena dari e-banking, semua transaksi sudah tehubung oleh jaringan.
  • Tidak perlu ada antrian dan menghabiskan banyak waktu. Layanan yang terhubung jaringan komputer ini memudahkan segala urusan tanpa perlu repot keluar rumah dan menyediakan waktu khusus.
  • Layanan menjadi lebih teratur dan tersistem.
  • Pembelajaran makin terbuka dengan adanya layanan e-learning. Yang membuat belajar tidak harus duduk di bangku sekolah atau kuliah saja melainkan bisa diakses gratis oleh siapa saja dan usia berapa saja.
Dampak negatifnya antara lain :
  • Keamanan data yang kurang bisa dijaga apalagi jika menggunakan jaringan komputer publik seperti internet cafe dan komputer kantor yang dipakai oleh banyak orang. Data menjadi rawan pencurian elektronik, terutama bagi kerahasiaan password yang dengan mudah di crack menimbulkan banyak masyarakat yang kurang percaya terhadap layanan dengan jaringan.
  •  Diperlukan adanya perangkat canggih baik software maupun software yang bisa menggunakan sistem ini. Dan biaya yang dibutuhkan untuk pemeliharaan dan penggunaannya juga relatif masih mahal untuk pribadi (home computer).
  • Pembangunan layanan telematika menjadi lebih mahal hari ke hari karena banyak peyedia jasa yang menginginkan layanannya dibuatkan sistem. Hal ini juga menunjang kinerja suatu perusahaan sehingga perkembangan teknologi diperlukan untuk menyediakan layanan berbasis jaringan. Hal ini mempengaruhi harga yang semakin naik bagi penyedia layanan bersistem jaringan.
  • Timbulnya virus yang makin marak dan dapat merusak sistem dengan mudah.
  • Penyebaran berita (foto, file, dll) menjadi semakin mudah dan menyebabkan kebocoran privasi yang dirasa bisa merugikan sebagian orang.

2. Berikan contoh aplikasi-aplikasi apa saja yang berkembang yang memanfaatkan jaringan komputer khususnya internet dalam telematika!
Jawaban :
 
 Aplikasi yang memanfaatkan jaringan komputer ini bisa dibagi menjadi 2 yaitu : mobile dan web.
Layanan mobile berarti bisa diakses di smartphone yang memiliki spesifikasi tertentu. Contohnya :
- Mobile Banking : Layanan bank dengan kode untuk smartphone dengan fungsi sama seperti e-banking. Seperti Mobile Banking BRI, Mobile Banking BCA, dll
- Mobile Shopping : Belanja dengan cara menarik pulsa dari handphone kita. Misal membeli ringtone atau game tertentu yang berbayar.
Aplikasi pada layanan web, contohnya :
- E-commerce : Iklan barang maupun jasa di internet.
- E-learning : Media pemberlajaran online.
- E-Shopping : pembelian barang online seperti pada lazada.co.id
- E-Banking : layanan bank online untuk transfer, cek saldo, atau pembayaran dengan internet.

3.Faktor apa yang mendasari perkembangan telematika di Indonesia semakin meningkat, sebutkan dan jelaskan!
 
Jawaban :
Faktor yang mendasarinya, menurut pendapat saya ada beberapa hal :
- Kebutuhan informasi yang meningkat : karena adanya kebutuhan informasi tertentu, manusia membutuhkan sarana yang cepat dan mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Hal ini juga didasari karena perkembangan teknologi di dunia lain yang cepat membuat semua orang bergerak dan mengikuti arus informasi agar tidak ketinggalan berita. Baik tua muda sampai anak-anak, semua memiliki kebutuhannya sendiri dengan perkembangan telematika tersebut.
- Perkembangan teknologi pemancar sinyal (sarana dan prasarana) yang melebar sampai ke daerah kecil. Ini juga membuat perkembangan telematika semakin cepat karena semua orang bisa mengakses berita. Bukan hanya di kota besar, daerahpun sudah bisa mengakses informasi karena dukungan layanan provider yang baik. Didukung harga yang murah dan kecepatan akses tinggi, masyarakat semakin menikmati perkembangan telematika ini.
- Mengikuti perubahan jaman : tidak ada orang yang suka jika ketinggalan informasi tertentu. Karena banyak orang sudah menggunakan teknologi ini, orang sekitarnya juga akan mengikuti kebiasaan ini. Orang tua yang sudah berumurpun tak mau kalah dan bahkan ingin belajar menguasai teknologi ini.

===_===

0 comments:

Post a Comment

 
;