Monday, October 13, 2014

TELE # : Tugas 1 Pengantar Telematika

Mata Kuliah : Pengantar Telematika (#)
Dosen : Robby Chandra

Nama : Lupita A. Laksmi
NPM : 1A113810
Kelas : 4KA28

Soal 1
Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang factor-faktor yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses!

Jawaban:
Faktor-faktor yang mempengaruhi layanan Telematika diantaranya :
  1.  Faktor layanan informasi dan akses jaringan artinya semakin banyak informasi yang bisa diakses mempengaruhi layanan telematika tersebut. Misal : Layanan internet yang bisa diakses baik dari wireless (hotspot) atau paket internet promo provider dengan harga relatif murah.
  2. Faktor keamanan yang merupakan layanan telematika yang menyediakan keamanan informasi dan keutuhan  data. 
  3. Faktor sumber daya tentunya sumber daya yang menggunakan layanan telematika harus memadai karna peranan sumber daya sangat penting dalam telematika. 
 Soal 2
Bagaimana peranan telematika di berbagai bidang? Berikan contoh layanan telematika pada bidang pendidikan!

Jawaban:
Contoh salah satunya adalah adanya layanan website layanan (misal: studentsite, baak) di Universitas Gunadarma. Dengan adanya layanan ini, setiap mahasiswa dapat dengan mudah mengakses setiap layanan yang tersedia dengan mudah dan tidak memakan waktu. Hal yang bisa diakses berupa jadwal kuliah, jadwal uts, jadwal uas, melihat IPK, mengumpulkan tugas, dsb. Juda ada website pengaduan online (helpdesk) sehingga mahasiswa dapat bertanya atau berkonsultasi tentang kesulitan sistem atau hal lain dengan online dan tidak perlu mengantri.

Soal 3
Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika, jelaskan!

Jawaban:
  1. Menggunakan pemanfaatkan telematika dengan bijak, seperti melakukan pemblokiran terhadap situs yang tidak  mendidik dan berbahaya bagi otak.
  2. Berhati-hati terhadap situs yang menyebarkan virus/malware dengan tidak sembarangan mendownload program atau link yang tidak dapat dipercaya.
  3. Selalu mengaktifkan firewall untuk mencegah adanya mallware yang mengganggu sistem, lakukan update antivirus secara berkala.
  4. Mendidik adik-adik atau siapapun yang berhubungan dengan dunia telematika untuk berhati-hati terhadap game-game karena tidak semua game bersifat menghibur, banyak yang mengandung kekerasan, seksual, yang seharusnya hanya boleh untuk orang dewasa.
Soal 4
Apa fungsi dari telematika? Jelaskan!
Jawaban:
  1. Penyampai Informasi : Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
  2. Sarana Kontak Sosial Hidup Bermasyarakat : Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan; keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.
 

0 comments:

Post a Comment

 
;